Jakarta Toys & Comics Fair 2010

Sore kemarin, akhirnya saya berkesempatan untuk menyambangi Jakarta Toys & Comics Fair 2010, sebuah event yang sudah diselenggarakan untuk keenam kalinya oleh SACCA PRODUCTION, dan bahkan sudah menjadi agenda tahunan kota Jakarta -Enjoy Jakarta!-.

Event yang diadakan di tennis indoor, Senayan, ini dilangsungkan selama dua hari berturut-turut, yaitu selama 13-14 Maret 2010 dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000. Murah, meriah, sumringah.

Sumringah? ya! Pasalnya, Jakarta Toys & Comics Fair ini seperti menyeret kembali kenangan masa kecil saya melalui sederet action figure G.I Joe, Star Wars, balok-balok LEGO, juga lewat tumpukan komik lama dan baru, baik yang berasal dari Jepang, Amerika, maupun komik dalam negeri seperti Mahabharata, Bharatayuda, hingga Gundala. Benar-benar membuat ‘lapar mata’. Oh, mereka juga memajang diorama yang sungguh cantik! Satu yang menurut saya paling menarik ialah diorama Star Wars berukuran besar, dengan setting peperangan para Jedi di planet Tatooine. Sayangnya, harga sebuah diorama memang tak murah. Sekedar informasi, sebuah diorama Nightmare Before Christmast yang tak terlalu besar saja dibanderol seharga Rp5.000.000, saya tak berani bertanya untuk yang Star Wars.

Tak hanya barang baru, para peserta Jakarta Toys & Comics Fair yang terdiri dari berbagai macam komunitas seperti Komunitas Komik Indonesia dan Toyzhunt ini juga menjual barang-barang second koleksi mereka, yang ditebar di ‘lapak’ dengan harga miring maupun melalui proses lelang. Saya melihat satu set komik Identity Crisis keluaran DC Comics terjual dengan harga Rp100.000 saja. Ini kelewat murah dan membuat saya menyesal karena kurang sigap.

Karena tidak membawa uang banyak -atau tidak punya?-, akhirnya saya tidak berlama-lama di sana. Namun, sebelum beranjak pulang, saya sempat berjalan-jalan di luar area indoor Jakarta Toys & Comics Fair, tempat banyak stan makanan dan minuman berjajar, meneguk bubble drink sambil melihat-lihat para cosplay yang tampak lucu. Di sinilah saya bertemu dengan Jack Sparrow asal Jawa.