Apa itu #KelasMini?

Sejak memulai karier sebagai penulis di 2006, saya mendapat banyak kesempatan untuk mengembangkan kemampuan menulis. Deadline adalah hal yang paling berjasa dalam perkembangan kemampuan saya. Tanpanya, otot-otot jemari ini tentu bakal kendor. Tapi tentu saja deadline bukan satu-satunya kawan saya.

Dunia wartawan yang saya geluti menuntut saya bertemu banyak penulis lain. Selain rekan kerja di kantor, saya bertemu banyak wartawan lain, para pengarang, penulis puisi dan syair, penyusun makalah, juga pembuat naskah film. Mereka semua berkontribusi terhadap perkembangan diri saya. Dan kini, setelah 10 tahun lebih berkecimpung di dunia tulis-menulis, saya merasa kini giliran saya berkontribusi. Jadilah #KelasMini.

Kelas Mini merupakan kelas penulisan yang dirancang berdasarkan pengalaman saya mengikuti banyak kelas lain, plus pengalaman pribadi di lapangan. Saya mencoba merangkum hal-hal yang bagi saya amat krusial, namun juga yang praktis dan amat berguna dalam sebuah proses penulisan.

Kelas ini akan terdiri dari delapan sesi, dengan pokok bahasan luas, mulai dari perkara etika, penggalian ide, tip dan trik, hingga praktek penulisan. Kelas ini bersifat – sangat – interaktif, informal namun fokus dan terarah. Jadi, peserta diharapkan memiliki komitmen dalam mengikuti program hingga tuntas. Plus, selama prosesnya, diharapkan untuk berdiskusi secara aktif, berbagi pengetahuan, membuat tugas dan tentu saja, menyelesaikan proyek akhir berupa naskah utuh.

Siapa yang bisa mengikuti kelas ini? Siapa pun yang mau meluangkan dua jam setelah aktivitas sehari-hari (kelas berlangsung pukul 19.00-21.00, dua minggu sekali).

Siapa yang akan mendapat manfaat dari kelas ini? Siapa pun yang tertarik dengan dunia penulisan dan penceritaan.

Apa yang akan dibahas dalam kelas ini? Cek silabusnya di sini.

Berapa biayanya? Gratis.

Jika ingin ikutan, apa yang mesti dilakukan? Kirim email ke bayumaitra222@gmail.com

Salam!

PS: Saat ini #KelasMini angkatan 3 tengah berlangsung.